Perbedaan Harga Karpet Masjid Roll dan Per meter

Ada puluhan masjid dan musholla di Jakarta Pusat. Masjid dan musholla tersebut tentu butuh karpet agar nyaman digunakan. Lalu, Dimana tempat Karpet Masjid Jakarta Pusat ?

karpet masjid jakarta pusat

Banyak pengurus masjid yang masih kesulitan dalam menentukan harga karpet. Karena antara satu pedagang dengan lainnya bisa berbeda. Bahkan di satu pedagang ada harga karpet yang berbeda-beda.

Ada Banyak Hal yang Mempengaruhi Penentuan Harga

  1. Ketebalan
    Setiap karpet masjid biasanya memiliki perbedaan ketebalan. Rerata ukuran ketebalan karpet adalah antara 6 – 16 mm. Semakin tebal karpet tersebut, semakin empuk dan nyaman digunakan.Karpet dengan ketebalan terendah (6 – 8 mm) masih tetap nyaman. Hanya mungkin terasa seperti menginjak triplek karena tidak empuk. Sedangkan karpet dengan ketebalan 8 – 12 mm dapat dikategorikan sedang.Harga karpet masjid dengan tebal di bawah 8 mm berkisar antara Rp 200.000,00 – Rp 400.000,00 per meter. Memang harganya sangat murah. Tapi sebanding dengan kualitasnya.
  2. Kerapatan Benang
    Ketebalan dan kerapatan benang adalah pertimbangan utama dalam menentukan harga karpet. Ukuran kerapatan karpet dikenal dengan thread count, satuannya adalah jumlah benang per inch.Kerapatan benang karpet masjid biasanya antara ukuran 150 – 400 benang per inch. Semakin rapat, sama dengan semakin tebal, dan tentu akan semakin baik karpet yang dihasilkan, di antara grade-grade tingkat atas pun masih ada variasinya sendiri. Nominalnya berkisar antara Rp 400.000,00 – Rp 600.000,00.
  3. Asal Karpet
    Secara garis besar, asal produksi karpet bisa dibedakan antara karpet lokal dan karpet import. Karpet lokal dibuat di dalam negeri, karena itu secara harga relatif lebih murah. Namun, mungkin karena teknologi atau segmen yang dibidik terbatas, kualitasnya relatif pas-pasan. Masih nyaman digunakan, hanya ketebalan dan kerapatan benangnya rendah.Karpet import dibeli dari luar negeri. Biasanya dari Indonesia didapat dari Saudi Arabia (Makkah, Madinah) atau Turki. Paling terkenal adalah karpet Turki, karena memiliki kualitas yang sangat baik dan biasanya harga karpet kelas atas tersebut berkisar di atas Rp 800.000,00.

Perbedaan Harga Karpet Masjid per Rol vs per Meter

Karpet masjid biasanya sudah memiliki ukuran khusus sejak dibuat di pabrik. Biasanya lebar antara 1 – 1,2 m dan panjang 6 – 8 m. Karpet ukuran tersebut digulung sehingga sering disebut roll.

Harga karpet masjid per meter di Jakarta Pusat tentu lebih murah jika belinya per roll. Kecuali untuk mengepaskan ukuran bangunan, bisa jadi akan lebih mahal jika beli per meter.

Baca juga artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *